Snapdragon VS MediaTek, Lebih Baik yang Mana?

Beberapa orang terkadang merasa kebingungan ketika membeli smartphone,termasuk pemilihan prosesor smartphone Snapdragon vs MediaTek. Keduanya memang sama-sama menjadi prosesor canggih saat ini yang banyak digunakan pada smartphone keluaran terbaru seperti Xiaomi, Vivo, Samsung, ASUS dan lainnya. Dalam memilih smartphone, spesifikasi prosesor sering menjadi pertimbangan utama, apalagi bagi Anda yang mencari smartphone gaming.


Performa dari ponsel sering dilihat dari tenaga prosesor yang digunakan. Semakin bagus prosesor yang digunakan, tentu performa ponsel juga semakin mulus. Prosesor juga menentukan harga beli ponsel. Semakin bagus semakin mahal pastinya. Namun, bagi para gamers tentunya tidak masalah jika harus mengeluarkan budget lebih untuk mendapatkan smartphone dengan prosesor mumpuni.

Tapi yang jadi pertanyaan, Snapdragon vs MediaTek lebih baik menggunakan yang mana? Meskipun bukan menjadi prosesor satu-satunya, namun kedua prosesor ini sering diadu mana yang paling memberikan performa terbaik. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini Kami akan membagikan informasi apa saja perbedaan snapdragon dan mediate yang harus diketahui.

Apa Itu Prosesor Snapdragon dan MediaTek?

Sebelum membahas lebih jauh tentang Snapdragon vs MediaTek, mungkin sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan kedua prosesor ini. MediaTek dan Snapdragon adalah dua merk prosesor atau yang lebih sering disebut sebagai chipset dalam ponsel pintar/smartphone. Fungsi prosesor pada HP juga sama seperti prosesor pada PC/ Laptop.

Kedua produsen chipset tersebut banyak digunakan pada ponsel-ponsel canggih saat ini. Bahkan bisa dibilang yang paling laris daripada Exynos yang digunakan pada Samsung dan Kirin pada Huawei. Banyak HP kekinian dan flagship yang lebih memilih menggunakan tenaga dari Snapdragon dan MediaTek.

Baca Juga: Bahaya Penggunaan Aplikasi VPN Android Gratis yang Harus Anda Ketahui

MediaTek sendiri adalah merk prosesor dari Taiwan yang berdiri sejak tahun 1997. Meskipun masih baru jika dibanding Snapdragon, tapi pemasaran dari MediaTek sangat berkembang pesat. Apalagi ponsel yang menggunakan chipset ini dibanderol dengan harga yang lebih murah daripada Snapdragon. Oleh karena itu, Snapdragon vs MediaTek kini tengah bersaing ketat dengan teknologi terbarunya.

Sedangkan untuk Snapdragon adalah merk prosesor asal San Diego Amerika Serikat. Snapdrgaon menjadi produk unggulan dari Qualcomm dan sudah didirikan sejak 1985. Snapdragon menjadi chipset yang paling banyak digunakan di dunia karena lebih mendukung teknologi kekinian. Performa dari chipset ini juga lebih canggih daripada jenis prosesor yang lainnya.

Keunggulan Snapdragon vs MediaTek

Apa saja yang diunggulkan pada prosesor MediaTek? Prosesor ini bisa dibilang sebagai chipset yang cukup inovatif. Karena MediaTek pernah merilis prosesor MT6592 sebagai prosesor true Octa Core pertama di dunia.  Beda dengan prosesor Octa Core pada umumnya yang hanya terdiri dari 2 buah prosesor quad core. Prosesor tersebut juga memiliki 8 core ARM Cortex A7 dengan kecepatan mencapai 2.0 Ghz.

MediaTek juga menjadi produsen prosesor deca core yang pertama kali ada di dunia. Bahkan ketika kebanyakan prosesor didukung dengan 8 core, MediaTek berinovasi dengan menciptakan prosesor dengan 10 core. Beberapa chipset MediaTek deca core pertama di dunia yaitu Mediatek Helio X20, Helio X23, Helio X25, Helio X27, dan Helio X30. Salah satu smartphone yang menggunakan chipset tersebut yaitu Redmi Note 4.

Lalu bagaimana dengan keunggulan Snapdragon? Tidak bisa dipungkiri bahwa Snapdragon vs MediaTek lebih banyak yang mengunggulkan Snapdragon dalam hal performanya. Karena prosesor ini tidak hanya memberikan prosesor dengan core CPU yang banyak dan kencang, melainkan juga komponen pendukung lainnya seperti ISP dan GPU atau image signal processor.

Kualitas grafis yang ditawarkan pada chipset Snapdragon cenderung lebih baik karena adanya dukungan GPU (Graphics Processing Unit). Hasil foto dengan menggunakan Snapdragon juga lebih baik karena menggunakan teknologi ISP prosesor yang selalu ditingkatkan.

Karena banyak yang ditingkatkan, sehingga tak heran jika harga smartphone yang menggunakan Chipset Snapdragon lebih mahal daripada yang menggunakan MediaTek. Fyi, untuk smartphone kelas flagship juga lebih banyak yang memilih prosesor Snapdragon daripada MediaTek.

Perbedaan Spesifikasi Snapdragon dan MediaTek

Untuk mengetahui perbedaan Snapdragon dan MediaTek, maka akan lebih jelas jika Anda mengetahui perbedaan dari masing-masing prosesor tersebut. Berikut ini ada beberapa poin yang bisa menjadi faktor untuk membedakan antara Snapdragon vs MediaTek:

Performa Prosesor dan Grafis

Menilai apakah Snapragon selalu lebih baik dari MediaTek tentu tidak bisa dijadikan patokan. Pada series Snapdragon lama pastinya tidak bisa dibandingkan dengan MediaTek series terbaru. Itulah mengapa Anda bisa mempertimbangkan performa prosesor dan grafis yang ditawarkan dari setiap series pada Snapdragon maupun MediaTek.

Di dalam prosesor ada 2 chip penting yang harus jadi pertimbangan yaitu CPU dan GPU. CPU terdiri dari beberapa core dengan kecepatan yang berbeda dan berfungsi untuk mengatur semua komponen di dalam prosesor.

Snapdragon vs MediaTek Benchmark

Performa dari GPU MediaTek relatif lebih rendah daripada Snapdrgaon. Sehingga prosesor MediaTek memakan RAM yang lebih sedikit. Sedangkan pada prosesor Snapdragon dapat merender grafis lebih baik dengan hasil efek visual yang lebih mulus. Tapi sayangnya, prosesor Snapdrgaon mengonsumsi lebih banyak RAM.

Salah satu alasan mengapa Snapdragon lebih boros RAM yaitu karena GPU-nya tidak dibekali dengan dedicated VRAM. Ketika beroperasi, GPU Adreno yang menggunakan Snapdragon akan mengonsumsi RAM inti dari HP itu sendiri.

Oleh karena itu, agar grafis dari Snapdragon lebih maksimal maka harus dibarengi dari kapasitas RAM yang besar. Intinya, MediaTek lebih unggul dalam hal penghematan RAM sementara Snapdragon lebih unggul dalam menyajikan grafis terbaiknya.

Variasi Produk

Jika dilihat dari segi variasi produk Snapdragon dan MediaTek, Snapdragon lebih banyak memiliki variasi produk daripada MediaTek. Di tahun 2017, MediaTek telah mengurangi produksi prosesor kelas atasnya dan lebih fokus untuk membuat prosesor kelas menengah. Terbukti di tahun 2018 MediaTek hanya fokus untuk mengembangkan seri prosesor generasi Helio O saja.

Mediatek vs Snapdragon Pilih yang Mana?

Setelah mengetahui penjelasan di atas, lalu antara Snapdragon vs MediaTek lebih pilih yang mana? Melalui pembahasan di atas bisa disimpulkan bahwa Snapdragon lebih bervariatif daripada MediaTek. Snapdragon juga lebih menyasar ke banyak segmen. Tidak seperti pada MediaTek yang hanya fokus ke kelas menengah saja.

Mungkin dapat disimpulkan bahwa sejauh ini Snapdragon memang lebih unggul daripada MediaTek. Namun bagi Anda yang mencari produk smartphone dengan harga yang terjangkau, maka MediaTek bisa jadi pertimbangan yang tepat.

Tapi jika Anda mengharapkan ponsel canggih dengan performa kencang, maka hanya bisa didapatkan pada prosesor Snapdragon. Bagi Anda yang membeli prosesor kelas flagship, maka snapdragon maupun MediaTek bisa jadi pilihan yang ideal. Karena MediaTek memang lebih fokus pada smartphone flagship kelas menengah.

Demikian itulah pembahasan tentang Snapdragon dan MediaTek. Semoga bisa menjadi informasi bermanfaat bagi pembaca yang bingung harus memilih smartphone yang mana. Jadi, lebih suka yang mana antara Snapdragon vs MediaTek?

Keyword: Snapdragon vs MediaTek

Deskripsi: Antara Snapdragon vs MediaTek tentunya memiliki keunggulannya masing-masing sebagai chipset terbaik saat ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel