Rahasia Belajar Desain Grafis Otodidak Agar Sukses

Belajar desain grafis otodidak bukanlah perkara yang sulit untuk hari ini. Dunia sudah sangat modern, teknologi semuanya sudah bagus. Untuk itulah, banyak yang berminat berkecimpung di dunia ini, karena selain asyik ketika melakukannya, menjadi seorang desain grafis itu menghasilkan. Dalam artian, jika Anda menggeluti bidang ini sebagai profesi, keuntungannya sangat banyak karena banyak perusahaan besar yang membutuhkan para pekerja desain grafis.


Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai belajar desain grafis otodidak, ada baiknya kita terlebih dulu tahu pengertiannya. Desain grafis adalah bentuk komunikasi visual yang telah dirancang menggunakan kombinasi koordinat titik-titik untuk menyampaikan sebuah pesan. Dalam arti lain, grafis artinya gambar sedangkan desain adalah rancangan atau proses. Jadi, bila disatukan desain grafis adalah rancangan kegiatan yang diwujudkan dalam bentuk visual.

Sekarang, meskipun untuk melakukan desain grafis harus pandai menggambar dan masuk ke dalam seni, Anda pun yang tidak bisa menggambar kini bisa melakukannya asal Anda rajin dalam melakukan latihan. Tidak perlu sekolah desain grafis, bila berniat, belajar desain grafis secara otodidak saja. Dan berikut adalah caranya.

Tips Belajar Desain Grafis Otodidak

Sekarang memang teknologi sudah semakin canggih, Anda mau melakukan transaksi apa saja, membeli perlengkapan bisa melalui hp, termasuk juga jika Anda belajar desain grafis otodidak kini sudah bisa. Anda tak perlu mencari sekolah untuk desain grafis dan membayar mahal. Asal Anda disiplin dalam belajar, meski hanya dari internet, Anda bisa desain grafis dengan baik.

Bagi Anda yang masih pemula, untuk memulai belajar desain grafis sendiri dengan media internet, buku dan lainnya, kami akan memberikan tips untuk Anda agar bisa semangat dalam mempelajari bidang grafis:

A. Tanamkan Tujuan Serta Niat.

Seperti yang Anda ketahui, bila tidak ada niatan untuk belajar, bagaimana caranya Anda bisa menikmati proses belajar itu? Tujuan yang jelas dari belajar Anda juga mampu membuat Anda bertahan untuk memahami desain grafis secara bertahap.

B. Mulai Belajar Teori.

Nah, jika sudah berniat belajar, mulailah dari nol. Anda bisa berpedoman pada buku desain grafis atau menyempatkan diri browsing teori tentang desain grafis. Pahami dengan seksama teori desain grafis. Dari teori itulah akan menjadi dasar Anda untuk memulai praktik desain grafis.

C. Melakukan Praktik.

Jika sudah memahami teori, sekarang Anda mulai untuk praktik. Jika gagal, mulai lagi dan sesekali sambil mengulang teori yang telah Anda baca. Cobalah sampai Anda paham dan lancar.

D. Pilih Aplikasi Desain Grafis.

Pilihlah aplikasi yang menurut Anda mudah. Ada berbagai pilihan aplikasi/software untuk belajar desain grafis.

E. Mulai Mendesain.

Desainlah dengan dasar yang mudah dulu sebagai permulaan Anda dalam belajar grafis.

Langkah-langkah Belajar Desain Grafis Sendiri

Sudah membaca tips untuk mulai belajar desain grafis otodidak, lalu apakah Anda bingung untuk memulainya dari mana? Kebanyakan para pemula jika belajar otodidak memang bingung untuk memulainya dari mana. Dan berikut langkah-langkah yang benar untuk memulai belajar desain grafis:

1. Belajar dasarnya terlebih dulu. Belajar apapun memang dimulai dari dasarnya dulu. Anda harus belajar gambar terlebih dulu. Bagaimana Anda menyalurkan sebuah ide ke dalam gambar agar mewujudkan desain grafis yang terlihat komunikatif.

Baca Juga: Tips Memilih Aplikasi Akuntansi Untuk Mempermudah Pekerjaan
Baca Juga: Cara Interview yang Baik Agar Anda Langsung Diterima Kerja
Baca Juga: Cara Mengatur Gaji Bulanan yang Kecil Agar Awet

2. Nah, apabila Anda sudah bisa menggambar dengan baik, mulailah mengenai Adobe Ilustrator dan juga Photoshop. Dua aplikasi ini menjadi dasar Anda untuk belajar desain grafis.

3. Lalu untuk langkah ketiga Anda menuju untuk menemukan spesialisasi Anda. Apakah Anda ahli dalam mendesain website, mobile app atau yang lainnya? Temukan keahlian Anda di desain grafis. Dengan begitu, Anda bisa mendalaminya.

4. Dan yang terakhir, membuat portofolio dengan tujuan karya Anda dilirik oleh orang lain hingga mendapat pesanan atau direkrut perusahaan.

Aplikasi/Software Desain Grafis yang Digunakan Untuk Pemula

Karena yang dipelajari adalah desain grafis modern yang menggunakan teknologi, untuk itulah agar sistem belajar Anda semakin baik, aplikasi atau softaware yang bagus sangat dibutuhkan untuk belajar desain grafis.

Dan inilah aplikasi yang bagus untuk Anda pakai belajar desain grafis untuk pemula :

1. Adobe Photoshop. Aplikasi yang paling wajib dikuasai oleh para pekerja desain grafis.

2. GIMP. Sebuah aplikasi yang dianggap paling bagus untuk desain grafis karena fiturnya lengkap dan mudah digunakan oleh pemula.

3. Inkscape. Adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk desain grafis dengan format file SVG.

4. CorelDraw. Aplikasi vektor yang digunakan tanpa batas.

5. Adobe Ilustrator. Aplikasi yang banyak dibicarakan karena semua pekerjaan desain grafis akan cepat selesai menggunakan aplikasi ini.

Sekarang, Anda mulai bergerak untuk bisa desain grafis. Jangan hanya niat tapi tidak bergerak maju untuk mulai belajar desain grafis otodidak. Jika Anda sudah ahli, desain grafis yang Anda pelajari bisa membuka peluang untuk Anda mendapatkan uang yang cukup banyak.

Keyword : belajar desain grafis otodidak

Deskripsi : Belajar desain grafis otodidak bukanlah perkara yang sulit untuk hari ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel