Penyebab Menstruasi Tidak Teratur Serta Cara Mengatasinya

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab menstruasi tidak teratur. Namun sebelumnya perlu diketahui, bahwa menstruasi yang tidak teratur merupakan kondisi saat siklus menstruasi berubah menjadi lebih cepat, lambat, lewat dari bulan biasanya, ataupun sama sekali tidak terjadi. Nah, pada artikel kali ini akan kita bahasa tentang penyebab serta cara penangannya.


Menstruasi merupakan sebuah proses luruhnya dinding rahim yang dibarengi dengan pendarahan, hal itu terjadi biasanya selama 3 hingga 7 hari. Harusnya siklus menstruasi itu terjadi pada setiap 28 hingga 36 hari serta berlangsung sebanyak 11 hingga 13 kali per tahun. Namun ada wanita yang mengalami siklus yang tidak teratur saat menstruasi.

Faktor yang Menjadi Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Menopause- Kehamilan

Ketika Anda hendak menopause, menstruasi dapat menjadi tidak teratur. Ini disebabkan oleh hormon estrogen serta progesteron pada tubuh menjadi tidak lancar. Penyebab lain juga ialah karna kehamilan. Jika Anda mengalami menstruasi yang terhenti ataupun terlambat, cobalah untu memiriksa hal itu untuk mengetahui status kehamilan.

Alat Kontrasepsi - Pola Hidup Sehari-Hari

Jika Anda memakai alat kontrasepsi, seperti pil KB ataupun IUD, memang dapat menimbulkan perubahan. Serta pola hidup sehari-hari juga berpengaruh terhadap siklus menstruasi.Apabila Anda berolahraga secara berlebihan ataupun berat badan Anda menurun drastis, hal itu dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur dan juga tidak lancar.

Mengalami (PCOS) Sindrom ovarium polikistik

Penyebab menstruasi tidak teratur lainnya ialah (PCOS), ini merupakan kumpulan gejala karena terbentuknya pada indung telur berupa kista-kista kecil. Dengan begitu testosteron bisa meningkat melebihi batas wajar, dimana pada wanita harusnya hanya terdapat sedikit hormon testosteron. Tidak normal ini terjadi juga pada proses pelepasan sel telur. Nah, hal inilah yang menyebabkan wanita dengan PCOS tidak menstruasi.

Masalah Pada Tiroid

Di bagian leher Anda ada yang namanya kelenjar tiroid, ini memproduksi hormon yang bisa mengatur metabolisme pada tubuh. Apabila tiroid Anda terdapat masalah, maka menstruasi pun mengalami pengaruh. Anda dapat mengkonsultasikan ini kepada dokter spesialis endokrin. Anda akan melakukan tes darah supaya dapat mengetahui bagaimana kadar hormon tiroid di tubuh Anda.

Cara Mengatasi Haid yang Tidak Teratur

Pada pengobatan pasien menstruasi tidak teratur harus disesuaikan dengan penyebab menstruasi tidak teratur. Beberapa hal beikut adalah cara mengatasi haid yang tidak lancar atau tidak teratur, antara lain ialah perlunya mengubah gaya hidup, mengganti alat kontrasepsi serta lakukanlah pengobatan tiroid. Penanganan diatas bisa Anda lakukan jika telah mengalami haid yang mulai ataupun sudah lama tidak lancar.

Baca Juga: Waspada, Inilah Tanda-tanda dan Penyebab Keputihan
Baca Juga: Ketahui Ciri-Ciri Kanker Serviks Sejak Dini Sebelum Terlambat
Baca Juga: Inilah Penyebab Jerawat, Jenis Serta Cara Menghilangkannya

Anda juga dapat melakukan pengobatan sindrom ovarium polikistik. Contohnya ialah untuk mengontrol diabetes ataupun kadar hormon. Anda juga dapat menurunkan berat badan secara sehat, apabila memang Anda menderita sindrom ovarium polikistik dengan berlebihnya berat badan. Lakukankan konseling jika berat badan turun secara drastis disebabkan Anda mengalami stress.

Apabila Anda berencana ingin mempunyai momongan, konsultasikan kepada dokter agar dapat diperiksa serta memperoleh penanganan medis. Bisa jadi nanti dokter akan merekomendasikan terapi hormonal agar dapat memicu ovulasi kembali normal. Anda harus memastikan kesehatan pada tubuh agar keinginan mendapatkan momongan tidak menemukan masalah yang berarti.

Jika Anda mengalami perdarahan tidak seperti biasa ketika haid sampai harus mengganti pembalut setiap jam, haid Anda terjadi selama tujuh hari lebih, ataupun jika Anda mengalami flek sesudah melakukan hubungan seksual, disarankan untuk segera menghubungi dokter agar diberikan pemeriksaan lebih lanjut. Nah itulah beberapa penyebab menstruasi tidak teratur.

Haid Tidak Lancar Menyebabkan Wanita Tidak Subur

Dengan siklus haid yang biasa terjadi antara 20 hingga 40 hari, wanita yang tidak menstruasi selama waktu berbulan-bulan pastinya dianggap tidak lagi normal. Menstruasi yang tidak ada, maka kemungkinannya ialah tidak akan terjadi pengeluaran sel telur, jadi wanita yang telah lama tidak mengalami menstruasi menjadi tidak subur.

Adapun itu menurut Kolonel Dr Frits Max Rumintjap, dia menjabat juga selaku Kasubdin Pelayanan Kesehatan Mabes TNI AU, masalah kesuburan tidak selamanya ditandai dengan menstruasi yang tidak lancar. Dia menceritakan jika ada pasiennya yang tidak pernah menstruasi sampai umur 21 tahun. Namun setelah dia menikah, ternyata dapat dengan mudah memiliki momongan.

Menurut Dr. Prima Progestian, perihal permasalahan kesuburan ini, tidak hanya dikarenakan menstruasi. Ada faktor lain yang menyebabkan sulitnya memiliki anak. Adapun dari sisi wanita, kesuburan pun dapat dilihat karena faktor anatomi pada rahim, apakah ada kista, dan lain sebagainya. Jadi, bukan hanya karena teraur atau tidaknya menstruasi ya.

Nah, itulah sedikit informasi dari masalah menstruasi yang biasa ditemui oleh kaum wanita. Anda perlu menjaga pola hidup sehat serta melakukan pemeriksaan jika mengalami masalah haid. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari cara apa penyebab menstruasi tidak teratur serta cara penanganannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel