Kiat Sehat Bekerja Saat Hamil Agar Tetap Semangat Bekerja

Tidak ada larangan ibu hamil untuk terus bekerja asal tahu kiat sehat bekerja saat hamil. Ada banyak wanita karier yang masih semangat bekerja meskipun perut buncit karena mengandung buah hatinya. Namun, terkadang bagi wanita karier yang hamil anak pertama masih kurang pengalaman untuk mengatur dirinya agar tetap sehat selama bekerja. Mereka bahkan kadang mengabaikan rasa pusing sedikit dan terus bekerja.


Padahal, untuk ibu hamil, semua hal harus diperhatikan dengan baik. Untuk itulah, begitu Anda sebagai wanita karier tahu atas kehamilan Anda sendiri, segera terapkan kiat sehat bekerja saat hamil. Itu akan memperkecil masalah Anda selama kehamilan dengan terus bekerja. Apalagi terkadang ketika hamil muda, masih ada morning sickness yang kadang sangat mengganggu pekerjaan Anda.

Sekarang, kesetaran hak atas pekerjaan antara wanita dan laki-laki sudah diakui. Untuk itulah, ada kebijakan di tiap-tiap instansi untuk para ibu karier yang sedang hamil. Manfaatkan kebijakan tersebut agar terus bekerja ketika hamil dan terus hidup sehat dengan pola yang sudah diatur pada kiat sehat bekerja saat hamil berikut ini.

Hal yang Harus Dilakukan Begitu Tahu Hamil

Berita bahagia datang dari Anda begitu tahu bahwa Anda hamil. Tapi akan kembali berpikir karena status Anda masih menjadi seorang karyawan di sebuah kantor. Lalu, apa yang Anda lakukan? Selain mulai mencari tahu kiat sehat bekerja saat hamil, Anda juga harus melakukan beberapa hal.

Cara ini nantinya akan sangat membantu Anda merencanakan pekerjaan pada saat hamil. Berikut ulasannya:

1. Berkata Jujur Kepada Orang Kantor.

Berkata jujurlah jika Anda sedang hamil kepada teman sekantor dan bahkan atasan Anda. Dengan begitu, mereka memiliki rasa empati dan pengertian yang tinggi terhadap Anda agar tidak terlalu berlebihan dalam memberikan pekerjaan dan teman pun bisa dengan senang hati membantu Anda.

2. Buat Daftar Perencanaan.

Meskipun kehamilan Anda baru beberapa minggu dan masih muda, Anda harus membuat perencanaan terlebih dulu untuk bekerja selama hamil. Dimulai dari pola hidup yang sehat hingga rencana untuk cuti hamil. Anda harus pikirkan mulai kehamilan muda.

3. Mendesain Ulang Ruangan Kerja.

Biasanya ibu hamil akan cepat bosan dan tidak nyaman jika terlalu banyak duduk. Untuk itulah, bila Anda masih sanggup bergerak leluasa, atur ruang kerja Anda sebaik mungkin serta kalau bisa, bawa kursi yang nyaman dari rumah atau meminta ke kantor kalau ada stok kursi lain.

Cara Ibu Hamil Tetap Fit Selama Jam Kerja Di Kantor

Jam pulang Anda tetap sama dengan jam pulang kantor karyawan lainnya meskipun ada kebijakan pekerjaan yang Anda lakukan tidak terlalu banyak ketika Anda hamil. Tapi, seorang ibu hamil mudah sekali lelah dan kadang kurang fit selama bekerja.

Baca Juga: Suami Isteri Bekerja, Inilah Cara Mendidik Anak yang Benar
Baca Juga: Trik Jitu Menjadi Fotografer Profesional dengan Hasil Foto Bagus
Baca Juga: Rahasia Belajar Desain Grafis Otodidak Agar Sukses

Ingat selalu kiat sehat bekerja saat hamil agar Anda tetap fit selama bekerja dan atasan Anda pun tetap senang dengan kinerja Anda meskipun sedang hamil. Apa saja cara yang bisa Anda lakukan agar tetap fit selama jam kerja berlangsung? Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

a. Jangan bekerja melakukan aktivitas yang berat-berat seperti memindahkan barang yang berat, naik turun tangga dan lain sebagainya.
b. Gunakan pakaian yang nyaman untuk Anda selama hamil. Pakaian kerja yang ketat dan minim, sebaiknya disimpan dulu.
c. Pastikan akan selalu ada camilan di meja kerja Anda karena ibu hamil mudah sekali lapar.
d. Atur waktu di mana ada waktu istirahat ekstra agar Anda tidak terlalu memforsir tenaga.
e. Kelola stres dengan mendengarkan musik di sela-sela bekerja.

Pola Hidup Sehat Ibu Hamil Selama Masih Bekerja

Rata-rata kantor akan memberikan cuti hamil ketika usia kandungan mendekati bulan ke 9. Dalam 8 bulan bekerja, usahakan Anda harus menerapkan pola hidup sehat pada ibu hami selama masih bekerja. Hal itu agar kesehatan Anda dan janin tetap terjaga meski aktivitas pekerjaan banyak. Apa saja pola hidup ibu hamil yang berkarier agar tetap sehat? Berikut ulasannya:

1. Selalu patuhi jadwal makan. Anda tidak boleh terlambat makan atau bahkan melewatkan jam makan karena janin Anda juga butuh makan dari Anda.
2. Jangan lupa untuk banyak meminum air putih agar tidak dehidrasi. Apalagi ibu hamil yang sering sekali buang air kecil, tentu minum air putih adalah hal yang wajib Anda lakukan.
3. Bawa bekal dari rumah karena makanan dari luar tidak tahu higienis atau tidak.
4. Jaga kebugaran tubuh, misalnya di sela-sela bekerja Anda bangkit dari duduk dan berjalan-jalan sebentar.

Itu lah ulasan mengenai hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika Anda hamil namun masih bekerja kantoran. Bagi ibu hamil berkarier, kini tidak usah khawatir dengan masalah-masalah yang mungkin muncul. Bila Anda mengikuti kiat sehat bekerja saat hamil yang telah kami berikan, kami yakin Anda akan sehat dan bugar ketika hamil meskipun terus bekerja.

Keyword : kiat sehat bekerja saat hamil

Deskripsi : Tidak ada larangan ibu hamil untuk terus bekerja asal tahu kiat sehat bekerja saat hamil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel