Jangan Anggap Remeh! Inilah Bahaya Asap Rokok Pada Bayi

Bahaya asap rokok pada bayi memang sudah sewajarnya diketahui oleh para orang tua, terutama bagi mereka yang memiliki bayi kecil. Pasalnya sudah banyak kasus bayi yang akhirnya harus meregang nyawa, karena terpapar oleh asap Rokok. Bahkan perokok yang pasif sendiri mampu menyebabkan 3000 kasus kematian yang ada di Amerika setiap tahunkan. Biasanya diakibatkan karena kanker paru-paru ataupun penyakit lainnya.


Tak bisa dipungkiri apabila, kebiasaan buruk yang satu ini memang tidak menimbulkan efek positif bagi lingkungan, bahkan yang dihadirkan hanyalah efek negatif. Efek tersebut tidak hanya dapat menyerang para perokok tetapi juga orang-orang yang berada di lungkungan dimana terdapat perokok yang aktif. Di dalam rokok sendiri, setidaknya terdapat sekitar 4000 lebih bahan kimia yang mampu menyebabkan penyakit.

Itulah mengapa bagi anda yang sedang mengandung atau memiliki anak bayi, sebaiknya ada juga memahami bagaimana bahaya asap rokok pada bayi yang wajib untuk anda ketahui. Bahkan jika bayi anda dibiarkan terapapar asap rokok maka efeknya bisa jangka panjang. Untuk itulah sebaiknya, para orang tua harus segera menghindari kebiasaan buruk ini dan menjauhkan anak dari paparan asap rokok yang bahaya.

Bahaya Akibat Rokok Pada Bayi 

Jika anda lihat mungkin bahaya akibat terkena asap rokok pada bayi memang lebih ringan, padahal sebenarnya efek yang ditimbulkan tersebut cukup berat bahkan bisa menyebabkan kematian. Mengingat di usia dini, bayi belum memiliki sistem imun yang baik. Sehingga apabila bayi anda dibiarkan terkena asap rokok secara terus menerus, maka akan menimbulkan bahaya dibawah ini.

1. Terjadinya infeksi telinga

Bahaya pertama yang bisa terjadi apabila bayi anda terpapar asap rokok secara terus menerus adalah dapat mengakibatkan infeksi pada telingan. Infeksi ini sendiri biasanya diakibatkan karena asap rokok masuk ke telinga. Tetapi efek ini sendiri hanya berjangka pendek. Kendati demikian, anda tetap harus mewaspadai untuk tidak mendekatkan anak dengan asap rokok.

2. Batuk dan pilek dengan penyembuhan lama

Didalam asap rokok mengandung bahan kimia yang berbahaya. Apabila asap rokok tersebut terhirup oleh bayi maka akan memicu timbulnya batuk dan pilek dengan proses penyembuhan yang lama. Jika dibiarkan maka bisa berakibat lebih fatal bahkan bisa menyebabkan penyakit peradangan pada paru-paru.

3. Bronkitis

Bronchitis ini ternyata juga tidak hanya menyerang para orang tua saja tetapi juga menyerang anak-anak terutama bagi mereka yang sering menghirup asap rokok. Bronkitis ini sendiri merupakan kondisi dimana terdapat peradangan yang terjadi didalam saluran pernapasan utama atau dikenal dengan bronkus. Dimana bronkus ini memiliki fungsi untuk membawa udara ke paru-paru.

4. Terjadinya kematian mendadak 

Pada bayi, bahaya asap rokok jangka pendek yang selanjutnya adalah asap rokok mampu menyebabkan kematian secara mendadakan atau dikenal dengan sudden infant death syndrome dimana lebih tinggi. Kematian mendadak ini biasanya diakibatkan karena bayi kesulitan untuk menghirup udara.

Bahaya Rokok Pada Bayi Jangka Panjang 

Selain adanya bahaya asap rokok pada bayi berjangka pendek ternyata juga ada beberapa bahaya yang mempengaruhi kesehatan bayi berjangka panjang. Inilah yang semakin membuat anda ingin menjauhkan bayi anda dari asap rokok. Jangan sampai anak anda terlalu terpapar asap rokok secara terus menerus karena akan berakibat fatal.

Baca Juga: Penyebab Menstruasi Tidak Teratur Serta Cara Mengatasinya
Baca Juga: Waspada, Inilah Tanda-tanda dan Penyebab Keputihan
Baca Juga: Ketahui Ciri-Ciri Kanker Serviks Sejak Dini Sebelum Terlambat

Bahaya pada kesehatan bayi berjangka panjang yang pertama adalah gangguan pada perilaku. Anak-anak yang terbiasa terpapar asap rokok, maka akan memiliki perilaku yang cenderung berbeda dari bayi pada umumnya. Bahkan bukan tidak mungkin apabila mereka juga akan meniru kebiasaan orang-orang yang ada disekitarnya.

Selain itu, adanya performa dan prestasi pada bayi anda juga akan mengalami penurunan. Hal ini biasanya akan semakin terlihat jelas apabila anak anda mulai memasuki usia sekolah. Adapun bahaya lainnya yang dipicu akibat asap roko ini yakni perkembangan paru-paru pada bayi yang semakin terhambat.

Adapun bahaya jangka panjang yang lainnya adalah anak bisa berisiko terkena kanker paru-paru. Penyakit yang satu ini menjadi penyakit yang banyak ditakuti oleh masyarakat. Mengingat banyaknya kasus kematian yang diakibatkan oleh rokok pada bayi. Demikian bahaya asap rokok pada bayi yang wajib dipahami oleh para orangtua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel