Cara Mempertahankan Pernikahan Agar Awet Hingga Maut Memisahkan

Mempertahankan pernikahan memang bukan perkara yang mudah. Anda harus bisa berusaha mensinkronasi diri Anda dengan pasangan agar tidak terjadi kesalah pahaman. Banyak orang yang gagal membina rumah tangga karena salah dalam menjaga hubungan pernikahan mereka. Siapa pun pasti tidak ingin mahligai rumah tangganya hancur karena suatu atau beberapa sebab. Untuk itulah, sebelum menikahi seseorang ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan.


Pernikahan bukanlah perkara mainan seperti pada saat Anda pacaran, yang sudah bosan langsung berpisah. Pernikahan adalah janji suci sehidup semati terhadap pasangan, disaksikan keluarga besar dan terikat langsung pada Tuhan. Yang sulit bukan mempersiapkan pernikahan atau menghafal janji nikah, tapi mempertahankan pernikahan yang sungguh sulit.

Inti dari pernikahan adalah menggabungkan 2 pribadi yang berbeda menjadi satu dan mengarungi kehidupan bersama hingga maut memisahkan. Apakah Anda yang sedang menjalin cinta dengan pasangan sudah berkomitmen seperti itu? Jangan terburu-buru menikah jika kalian berdua belum ada komitmen serius untuk menikah.

Mempertahankan pernikahan bisa dilakukan dengan beberapa cara. Berikut akan kami sampaikan, bagaimana cara mempertahankan keutuhan pernikahan selama menjalani kehdupan rumah tangga. Bagi yang akan menikah, wajib mengetahui informasi berikut ini!

5 Cara Sederhana yang Akan Membuat Pernikahan Anda Langgeng

Mungkin Anda yang baru saja mengaruhi mahligai rumah tangga akan berpendapat jika pernikahan yang langgeng dan mempertahankan pernikahan agar tetap bahagia harus terus mesra, memberikan kejutan, makan malam romantis dan sebagainya.

Baca Juga: Ingin Menikah Budget Murah? Ini Persiapan yang Harus Dilakukan!

Sebenarnya bukan seperti itu konsepnya. Cara-cara sederhana seperti menunjukkan afeksi tanpa berlebihan juga akan membuat hubungan pernikahan Anda bersama pasangan akan terus hangat. Dan ini adalah 5 contoh cara sederhana yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan pernikahan Anda :

1. Selalu ucapkan terimakasih kepada pasangan ketika sudah melakukan sesuatu yang baik. Dengan begitu, pasangan akan merasa dihargai karena kerja kerasnya. Misalnya saja, sepulang kerja, sebagai istri pasti tahu jika suami lelah. Ucapkanlah terimakasih sebelum tidur. Itu akan meringankan bebannya selama bekerja.

2. Sesekali, lakukan kebiasaan pada saat Anda dan pasangan masih pacaran. Seperti mengadakan acara valentine, malam tahun baruan bersama, kencan dengan makan malam romantis dan sebagainya.

3. Bagi suami, sebelum bekerja usahakan untuk mengecup kening sang istri agar ia merasa senang selama Anda pergi dinas entah sebentar ataupun lama.

4. Lakukan kegiatan fisik bersama seperti tiap berapa kali dalam seminggu jogging bersama atau bersepeda bersama. Itu akan menumbuhkan momen hangat Anda bersama dengan pasangan.

5. Selalu hormati dan perlakukan pasangan dengan baik di depan umum. Itu akan membuat pasangan Anda terlihat baik, entah itu di mata orang lain ataupun memang benar Anda sangat menghargai pasangan Anda.

Dengan perlakuan sederhana tersebut, sangat yakin bila pertengkaran kecil akan jarang terjadi dan pertengkaran hebat akan bisa dihindari oleh Anda.

Mempertahankan Pernikahan dengan Menghindari Hal-Hal Berikut Ini

Jika Anda sudah melakukan hal-hal yang ada di atas, Anda jangan langsung menggampangkan segalanya. Ada pula hal-hal yang harus Anda hindari agar pernikahan Anda bisa awet dan mempertahannya hingga lama.

Apa saja sesuatu yang harus dihindari tersebut? Berikut adalah contohnya :

a. Jangan pernah meragukan pasangan Anda. Menikah berarti Anda sudah percaya bahwa pasangan Anda telah mencintai Anda dengan sepenuh hati sehingga tidak akan mengecewakan Anda. Jadi, jangan mencoba meragukannya dan terus saja mencurigainya. Itu membuat pernikahan Anda tidak sehat.

b. Tidak menghargai apa yang dilakukan pasangan Anda juga harus Anda hindari. Jika Anda lebih unggul dari pasangan, misalnya dalam karier, Anda jangan menyepelekan pasangan karena statusnya lebih rendah dari Anda.

c. Jangan terus menerus mengubah pasangan. Mungkin Anda bisa mengubah perangai buruknya. Tapi jangan mengatur ini dan itu jika tidak perlu untuk diubah dari pasangan Anda.

d. Jangan berbohong mengenai keuangan. Karena ketika menikah, uang sudah milik bersama.

Apakah dengan cara-cara tersebut berhasil? Kebanyakan pasangan mempertahankan sebuah pernikahan dengan cara tersebut memang berhasil. Yang paling penting, Anda dan pasangan harus tetap menjaga perasaan satu sama lain untuk mempertahankan pernikahan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel