Wednesday, July 25, 2018

CARA MEMBUAT AKUN EMAIL TERLENGKAP DAN TERBARU



SMITHJANKERMAN , Dengan semakin maju dan berkembang pesatnya era teknologi pada jaman ini terutama dunia internet, ada banyak cara bagi perusahaan ataupun jenis usaha lainnya seperti toko, cafe, pusat perbelanjaan, hotel dan lainnya untuk menerima pengajuan berkas lamaran bagi para pencari pekerjaan, mulai dari :

1.   Mengantar berkas lamaran langsung ke alamat perusahaan
2.   Mengirim berkas melalui alamat e-mail
3.   Mengirim berkas melalui Kantor Pos (PO BOX)
4.   Mengajukan lamaran online melalui link yang sudah di sediakan oleh perusahaan di website resmi mereka.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara-cara dalam membuat email baru untuk mengirim berkas melalui email. Sebelum kita membahas langkah-langkah pembuatan, ada baiknya kita baca beberapa penjelasan mengenai email itu sendiri.

Apa Itu Email ? Email adalah singkatan dari Elektronik Mail atau dalam bahasa Indonesia disebut Surat Elektronik merupakan sarana dalam mengirim surat yang dilakukan melalui media internet. Media internet yang dimaksud bisa melalui komputer atau handphone yang memiliki akses internet. Pada umumnya mengirim surat biasa akan di kenakan biaya ( Membeli Perangko ) namun pada Surat Elektronik hanya dibutuhkan sambungan internet.

Fungsi Email

Email adalah alamat resmi kita di dunia maya. Dengan menggunakan email kita dapat terhubung dalam berbagai kegiatan internet, seperti bergabung di situs jejaring sosial semisal Facebook dan twitter maka saat pendaftaran akan membutuhkan email. Saat ini, Email telah berkembang hingga memiliki fungsi yang sangat beragam. Mengirim file, foto, video dan Chat dengan teman dan keluarga menjadi lebih mudah.

Sejarah Email

Sebelum internet digunakan secara luas, Email telah lebih dulu digunakan. Pada waktu itu Email sangat sederhana, pengguna komputer hanya meletakkan surat kepada pengguna komputer lain. Email hanya dapat dikirim dan diterima oleh satu jaringan komputer dalam rangkaian LAN ( Local Area Network ).

Sekitar tahun 1971, Seorang programmer Amerika, Raymond Tomlinson mulai menggunakan simbol @ sebagai pemisah antara user id dan domain. Mulai sejak itu, nama_user@nama_komputer menjadi standart penggunaan Email. Kemudian John Vital menemukan sebuah software untuk pengaturan Email pada tahun 1975, beberapa tahun kemudian, Email menjadi populer dan telah memenuhi lalu lintas Internet.

Eudora adalah salah satu program email pertama yang dapat digunakan secara komersial pada saat itu, dikembangkan Steve Dorner pada tahun 1988. Kemudian pada tahun 1991, bersamaan dengan penemuan WWW ( World Wide Web ) oleh Tim Berners-Lee, Email mulai tersedia luas dan dapat diakses secara gratis dengan tampilan antas muka yang lebih ramah. Beberapa penyedia layanan email gratis adalah Yahoo, Hotmail dan Gmail.

Setelah kita panjang lebar membaca tenang fungsi sampai sejahrah lahirnya email, sekarang kita masuk ke dalam tahap cara pembuatan alamat email. Pada kesempatan ini saya merekomendasikan agar mengunakan gmail yang merupakan produk dari google.

Tahap pembuatan email baru

1.   Silahkan buka situs www.gmail.com dari broswer (komputer/laptop), setelah itu pilih/klik CREATE AN ACCOUNT atau bahasa kitanya Buat Akun Baru



2.   Silahkan lengkapi setiap kolom yang harus disi sebagai berikut :
-    First Name (Nama Depan) : Silahkan isi dengan nama asli
-    Last Name (Nama Terakhir : Silahkan isi dengan nama asli
-    Username (Nama Pengguna) silahkan tulis dengan nama sendiri seperti andigunawan@mail.com (@gmail.com tidak perlu ditulis kembali karena sudah di tulis otomatis oleh google), jika muncul tulisan merah artinya alamat email tersebut sudah ada, dan mungkin bisa ditambahkan seperti ini andigunawan777, jika masih ada yang menggunakan biasanya google akan menyarankan akun email yang belum digunakan dengan tulisan berwarna biru dan silahkan pilih salah satunya
-    Password (Kata sandi) : silahkan masukkan kata sandi yang mudah di ingat namun jangan sampai orang lain mengetauinya, bisa juga di kombinasikan dengan nomor, seperti hiduppenuhperjuagan4567
-    Confirm paswword : masukkan kembali kata sandi (password) yang sudah dibuat tadi
-    Setelah semua formulir sudah di isi lengkap dan tidak ada lagi ditemui kesalahan maka silahkan klik NEXT


3.   Pada tahap selanjutnya kembali mengisi semua formulir yang sudah disediakan oleh Google, diantarana :
-    Silahkan isi nomor hanpdone kami yang aktif (yang digunakan bukan nomor yang di ganti-ganti setiap saat agar akunmu awet selamanya), contoh :08123456789
-    Revovery email : jika suatu saat email mu bermasalah maka bisa membuat 2 email sekalian (tidak boleh sama dengan email yang sebelumnya), atau kamu bisa isi dengan email dari keluarga, sahbat, teman yang tentunya dapat di percaya atau tidak usah di isi (kosongkan saja)
-    Pilih bulan, tanggal dan tahun lahir kamu (buat yang sesuai dengan aslinya), agar jika suatu saat akun emailmu bermasalah biasanya google akan meminta untuk memasukkan bulan,tanggal dan tahun lahir
-    Gender (jenis kelamin) : hanya ada dua jenis kelamin di Dunia ini, silahkan di pilih (Male untuk Pria) dan (Female untuk perempuan)
-    Setelah semua formulir di isi maka silahkan klik NEXT


4.    Pada tahap selanjutnya google akan meminta untuk memverifikasi nomor handphone yang digunakan, dan klik SEND


5.   Pada tahap selanjutnya silahkan masukkan kode 6 digit angka yang sudah di kirim oleh google melalui sms ke nomor handphone yang sudah di daftarkan, setelah di isi maka silahkan klik VERIFY


6.   Pada tahap ini silahkan saja langsung klik Yes, I’m in



7.   Pada tahap ini silahkan baca kebijakan dari google, walau tidak mengerti bahasa Inggris langsung saja klik I agree



8.   Setelah semua tahapan dilalui, selamat alamat email kamu sudah jadi dan sudah bisa digunakan





Semoga pembahasan kita kali ini mengenai bagaimana cara membuat alamat email dapat bermanfaat bagi yang sedang mencari pekerjaan.
Nantikan pembahasan-pembahasan menarik lainnya yang tentuya sangat bermanfaat.

Penting !!!

Kenapa saya sarankan semua data harus menggunakan nama asli untuk alamat email, karena kita akan mengajukan permohonan lamaran pekerjaan, dan jika membuat nama e-mail yang cenderung asal-asalan mungkin saja bisa mengurangi penilaian bagi perusahaan yang sedang kita lamar.