Wednesday, July 25, 2018

BEGINI CARA MUDAH MENGIRIM LAMARAN MELALUI EMAIL





SMITHJANKERMAN Begini Cara Mudah Mengirim Lamaran Melalui Email, Sebelumnya kita sudah membahas tentang bagaimana Cara Membuat sebuah akun/alamat email. Pada kesempatan kali ini kita akan kembali membahas Mudahnya Mengirim Berkas Lamaran Melalui E-Mail. Ya benar kenapa saya katakan mengirim berkas lamaran melalui email sangat mudah, diantaraanya :

1.   Menghemat  biaya (karena tidak perlu amplop lamaran, pas foto, fotocopy KTP, Ijazah, Transkrip Nilai dll, juga menghemat pengeluaran tidak memerlu bahan bakar minyak) ... hehehe

2.   Menghemat waktu, karena kita tidak perlu repot-repot harus kirim langsung ke alamat perusahaan, (jarak, waktu dan hal lainnya)


Setelah kita tau bagaimana manfaat mengirimkan lamaran melalui emial. Berikut kita langsung menuju ke tahap-tahap cara mengirim lamaran melalui email dengan mudah dan effisien tentu nya sudah harus punya akun/alamat email karena jika tidak punya tentu saja kita tidak bisa mengajukan berkas lamaran. Disini saya menyarankan untuk memiliki alamat email dari gmail.com

Berikut tahapan yang harus dilakukan.

1.   Buka www.gmail.com dari laptop/komputer untuk mengakses email kami, setelah terbuka maka silahkan klik tulisan SIGN IN


2.   Setelah kamu klik SIGN In maka kamu akan di minta oleh Google untuk memasukkan alamat email kamu, lihat contoh di gambar, cukup nama email kamu saja tanpa @gmail.com kerena sudah otomatis. Setelah kami isi maka silahkan klik NEXT


3.   Pada tahap ini google akan meminta kamu untuk memasukkan kata sandi yang sudah kami buat, ingat jangan sampai lupa (agar tidak lupa simpan kata sandi di memo hanphone atau buku catatan). Setelah di isi maka klik NEXT


4.   Tahap ini google akan meminta kamu untuk meminta kode verifikasi agar email kamu tetap aman, klik Get A Verivication code, maka tunggu nanti kode 6 digit angka yang akan di kirim google ke handhone kamu melalui sms.


5.   Silahkan masukan kode 6 digit angka yang sudah dikirim oleh google melalui sms ke Handphone kamu, setelah itu klik NEXT


6.   Jika menemukan hal seperti dibawah ini maka klik saja DONE


7.   Sekarang kamu sudah masuk ke akun email yang kamu punya


8.   Mulailah menulis lamaran dengan mengklik tomblol compose (tulis)


Kepada Yth :
PT. Smith Jankerman Indonesia
Di Pekanbaru
Up: Personalia


Dengan hormat,

Saya yang memberikan keterangan data diri di bawah ini :

Nama                     : Andi Gunawan
Tempat, Tgl. Lahir : Pekanbaru, 1 Januari 2000
Alamat                      : Jl. Riau No. 10 Pekanbaru
No. Telp/HP              : 08123456789
Pendidikan                        : SMA

Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin.

Adapun berkas-berkas yang saya lampirkan antara lain :

1. Ijazah SMA (Scan Berwarna)
2. KTP (Scan Berwarna)
3. SIM A & C (Scan Berwarna)
4. Curriculum Vitae

Demikian pengajuan lamaran kerja ini saya sampaikan, saya berharap semoga lamaran ini dapat di pertimbangkan bagi Bapak.
Terimakasih
   

Hormat Saya


Andi Gunawan

9.   Setelah kamu menulis lamaran kamu di email, silahkan tahap selanjutnya pilih attach a file (lampiran) yang sudah saya tandai dengan lingkar merah, silahkan kirim file dokumen yang sudah kamu scan (mulai dari KTP, Ijazah, Transkrip, KK, SKCK, Keterangan sehat, dll), simpang semua dokumen yang di scan di satu folder agar kamu tidak sulit menemukannya pada saat mencari lampiran yang mau dikirim.



10. Setelah semua lampiran dokumen sudah selesai di upload, maka tahap selanjutnya adalah menulis alamat email perusahaan yang akan kita kirimkan, kenapa ini saya buat di paling akhir, agar sewaktu kita sedang mempersiapkan berkas lamaran tidak terjadi kesalahan, misalnya kita belum mengisi subjek email, atau masih ada kalimat penyampaian yang belum selesai, lampiran scan dokumen belum dimasukkan, jika kita mengirimkan email kepada pihak perusahaan terdapat kekurangan dan kesalahan bahkan kita sampai berkali-kali mengirim email karena kurang teliti, maka sudah jelas ini merupakan hal yang menyebabkan kadang berkas lamaran kita tidak dibaca oleh berusahaan, karena kesaannya kita ceroboh, terburu-buru dan tidak teliti. Setelah menulis alamat email tujuan, silahkan cek kembali penulisan, mulai dari huruf apakah ada yang tertinggal atau salah penulisan, setelah di lakukan pengecekan dan tidak menemukan kejanggalan maka silahkan klik tulisan SEND yang sudah di lingkari warna merah


Begitulah tahapan-tahapan bagaimana mudahnya mengirimkan berkas lamaran melalui email. Semoga apa yang sudah disampaikan ini semakin mempermudah para pencari kerja dalam memaksimalkan waktu dan menghemat biaya keluar.
Demikianlah pembahasan kita kali ini, jika masih ragu atau ada hal yang ingin dipertanyakan silahkan sampaikan, kami akan menjawab dengan senang hati.

PENTING !!!
-    Bagi yang memilki akses internet pribadi mungkin cukup kirim dari rumah saja berkas lamaran tersebut
-    Untuk yang tidak memiliki akses internet, warnet menjadi solusi dengan harga yang terjangkau, untuk 1 jam sewa internet menghabiskan biaya Rp. 3,000.
-    Hal yang harus diperhatikan setelah mengirim berkas melalui email, pastikan email yang anda kirim sudah benar benar terkirim. Cek lah email anda (kotak masuk) atau kotam SPAM secara berkala baik melalui komputer/laptop/handphone karena biasanya panggilan tahapan interview di kirim melalui email selain dari panggilan telpon.